Pages

Sunday 19 May 2013

Contoh surat permohonan kepada bank perihal pencetakan rekening koran dan permintaan surat keterangan bank (bank reference)

Menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk aplikasi UK visa memang sedikit "ribet", terutama dokumen mengenai bukti dana/uang yang kita miliki. Dokumen yang diterima sebagai bukti dana yang kita miliki untuk pengajuan visa Tier 4 (general) student seperti yang tercantum di website UK Border Agency yaitu:

You can use the following documents to show money that is available to you:
  • personal bank or building society statements, covering a consecutive 28-day period ending no more than one month before the date of your application;
  • a building society pass book, covering a consecutive 28-day period ending no more than one month before the date of your application;
  • a letter from a bank confirming that funds have been held for a consecutive 28-day period ending no more than one month before the date of your application;
  • a letter from a financial institution confirming that funds have been held for a consecutive 28-day period ending no more than one month before the date of your application;
  • a letter from a financial institution confirming a loan, dated no more than six months before the date of your application.
Personal bank statement adalah rekening tabungan/giro yang dicetak dan diotorisasi oleh pihak bank. Sedangkan surat dari bank yang mengkonfirmasi dana yang kita miliki biasa disebut dengan "Surat keterangan bank (bank reference)". Untuk memperoleh bank reference, setiap bank mempunyai persyaratan tersendiri (bisa ditanyakan kepada customer service bank). 

Saat kami akan mengajukan aplikasi UK visa, rekening yang saya gunakan adalah rekening milik suami (main applicant) dimana saat itu suami sudah berada di UK. Sebelumnya bank meminta suami untuk membuat surat kuasa kepada saya agar saya dapat mengajukan permohonan penerbitan surat keterangan bank dan urusan perbankan lainnya. 
*warning : bank hanya mau menerima surat kuasa dengan tanda tangan asli, bukan hasil scan seperti yang pernah saya lakukan. Saya bernegosiasi dengan pihak bank, dan akhirnya mereka bersedia menerima surat dengan tanda tangan scan itu ditambah surat keterangan di institusi tempat kerja suami yang menyatakan bahwa suami adalah pegawai di institusi tersebut dan menyatakan saya adalah istrinya.*

Surat permohonan kepada bank yang saya ajukan seperti berikut:

(nama kota, tanggal surat)
Kepada Yth.
Pimpinan PT Bank …….
Di tempat

Perihal : Pemohonan Mencetak Laporan Rekening Koran dan Surat Keterangan Bank
Yang bertanda tangan di bawah ini:                                                                                        
Nama                    : …….
NIK                         : ……
Alamat                  : ……

Pemilik rekening (nama produk tabungan), no. rekening ……

Dengan ini mengajukan permohonan untuk:
1.       Mencetak laporan rekening koran dari tanggal …… sampai dengan tanggal …… (dalam bahasa Inggris);
Rekening koran yang dimaksud mohon mencantumkan nama pemilik rekening, nomor rekening, tanggal laporan, nama institusi dan logo, serta jumlah dana yang tersedia.
2.       Pembuatan Surat Ketengan Bank (dalam bahasa Inggris).
Surat keterangan bank yang dimaksud mohon mencantumkan nama pemilik rekening, nomor rekening, tanggal surat, nama institusi dan logo, dana yang terdapat di rekening, dan jumlah uang yang dapat dipergunakan dalam periode tersebut.
Referensi bank tersebut akan kami pergunakan sebagai syarat pengajuan visa kepada UK Border Agency (Visa Services) Kedutaan Besar Inggris di Indonesia yang beralamat di ................. Jakarta, atas nama:
1.       …. (istri)
2.       …. (anak)
3.       …. (anak)

Segala akibat yang timbul atas permohonan ini menjadi tanggung jawab kami sepenuhnya dengan membebaskan (nama bank) dari segala akibat tuntutan atau gugatan yang timbul dari pencetakan laporan rekening koran dan pembuatan surat keterangan bank.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


(pemohon)
Tel: …..
Email: ……

2 comments:

  1. mbak, mau nanya.. kalo yang dependen adalah suami (saya main applicant), dan beliau memakai akun bank nya sendiri, apakah perlu dokumen pendukung lainnya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ga perlu dokumen lain, mbak. Beliau cukup minta bank reference atas nama beliau sendiri.

      Delete

Feel free to leave your comment, please. Cheers ;)