Pages

Sunday 12 February 2012

Mau mengurus UK Visa?

Bulan Februari 2012 ini, kami mengurus visa ke Inggris. Kategori visa yang kami daftarkan adalah Visa Tier 4 (General) Student - Dependant Partner dan Dependant Child. Suami, sebagai main applicant, adalah pemegang visa Tier 4 (General) Student. Karena masa studi melebihi 6 bulan, maka diperkenankan membawa keluarga.

Berikut adalah langkah-langkah pengurusan UK Visa, secara umum:


  1. Kunjungi website UK Border Agency
  2. Pelajari aturan dan pedoman pengurusan visa. Sebelumnya, tentukan dahulu kategori visa yang akan kita ambil, sesuai tujuan keberangkatan ke Inggris. 
  3. Download pedoman pengurusan visa dan formulir aplikasi visa (format PDF). Hal ini berguna sebagai pedoman untuk mempersiapkan dokumen pendukung serta dalam pengisian secara online.
  4. Siapkan dokumen yang mendukung semua informasi yang akan kita sampaikan dalam aplikasi visa. Dokumen tersebut harus disertai fotokopiannya (cukup 1 lembar untuk setiap dokumen). Jika dokumen tidak berbahasa Inggris, maka dokumen harus diterjemahkan oleh penerjemah profesional.
  5. Lengkapi aplikasi visa secara online. Sebelumnya, siapkan dahulu alamat email dan password untuk log-in. Kita bisa menekan tombol "save" di setiap section aplikasi apabila tidak yakin dengan isi jawabannya. Kapanpun setelah yakin sesuai dokumen, kita bisa melanjutkan pengisian kembali.
  6. Cetak aplikasi online. Jangan lupa untuk menandatangani aplikasi visanya. Siap deh diserahkan ke Pusat Aplikasi Visa dengan alamat :

PT VFS Services Indonesia
Lt. 22, Zona B
Plaza ASIA
Jl. Jenderal Sudirman Kav 59
Jakarta - 12190

     7. Yang harus dibawa ke pusat aplikasi visa:
  • formulir online cetak yang telah dilengkapi dan tandatangani;
  • paspor, yang masih berlaku setidaknya 6 bulan setelah tanggal perjalanan;
  • 1 foto berwarna wajah ukuran paspor (45mm x 35mm) yang terbaru, yang memenuhi kriteria/persyaratan yang ditetapkan di photo guidance (panduan foto) (PDF 326KB terbuka di layar baru);
  • biaya aplikasi visa, atau bukti bahwa telah membayar;
  • dokumen pendukung apa saja yang berkaitan dengan aplikasi dan fotokopi masing-masing dokumen (termasuk terjemahannya dalam bahasa Inggris);
  • jika mengajukan aplikasi points-based system, bawa formulir self-assessment yang telah dilengkapi, ditandatangani dan diberi tanggal; dan
  • paspor sebelumnya yang memiliki bukti perjalanan ke luar negeri.
8. Di VFS, petugas akan mengecek dan menata ulang semua dokumen. Petugas juga akan menghitung kecukupan dana, apabila keberangkatan kita tidak dibiayai sponsor. Dana Rupiah akan dikonversi ke dalam poundsterling  (1 GBP = Rp 15.000). Besarnya dana minimal yang dibutuhkan untuk setiap kategori visa akan berbeda. Kemudian kita akan membayar biaya aplikasi serta fasilitas SMS dan pengiriman kembali dokumen (opsional, di luar biaya aplikasi).

9. Kita mesti menunggu lagi untuk pengambilan biometrik (pindai sidik jari dan pas foto).

10. Urusan pengajuan visa selesai. Tinggal menunggu SMS pemberitahuan jika kita menggunakan fasilitas ini.

3 comments:

  1. Beda visa pbs ama yg non pbs itu apa ya?
    Kalau untuk a,bil progrM s2 biasanya pakai yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/studying/adult-students/

      The Tier 4 (General) category is for adult students who want to come to or remain in the UK for their post-16 education. ---> visa untuk studi S1, S2, maupun S3.

      Delete
  2. salam kenal, untuk kerja sebagai instruktur musik pake form yg mana?

    ReplyDelete

Feel free to leave your comment, please. Cheers ;)