Pages

Sunday 12 February 2012

Menghitung dana maintenance untuk aplikasi visa Tier 4 (General) Student

Untuk memenuhi persyaratan maintenance sebagai dependant (anggota keluarga)-  tanpa sponsor (tidak ditanggung dalam beasiswa main applicant), kita harus menunjukkan bukti bahwa kita memiliki cukup uang/dana untuk mendukung biaya hidup masing-masing anggota keluarga maksimal selama 9 bulan. Kita juga harus membuktikan biaya (fee) yang telah dibayarkan dan menunjukkan dana yang kita miliki diluar fee tersebut.

Besaran persyaratan maintenance untuk anggota keluarga (dependant) dari Tier 4 (General) Student tergantung pada tempat/wilayah main applicant belajar di UK, dan apakah main applicant sudah menghadiri studinya di UK. Pemerintah Inggris mengestimasi biaya hidup untuk main applicant minimal sebesar £ 800 (wilayah sekitar London) dan £ 600 (di wilayah lainnya). Sedangkan untuk dependant sebesar £ 533 (wilayah sekitar London) dan £ 400 (wilayah lainnya). Yang termasuk dalam wilayah sekitar London yaitu : Camden, City of London, Hackey, Hammersmith and Fulham, Haringey, Islington, Kensington and Chelsea, Lambeth, Lewisham, Newham, southwark, Tower Hamlet, Wandswort and Westminster.

Perhitungan maintenance untuk dependant (anggota keluarga):
1. Belajar di sekitar London, belum berada di UK
Masing-masing anggota keluarga = £ 533. Misalnya dependant terdiri dari partner (istri) dan 2 anak maka dana yang harus tersedia =3 x £ 533 = £ 1.599 per bulan selama maksimal 9 bulan (total £ 14.391), belum termasuk student (main applicant)

2. Belajar di luar London, belum berada di UK
Masing-masing anggota keluarga = £ 400. Misalnya untuk 3 orang dependant maka dana yang harus tersedia =3 x £ 400 = £ 1.200 per bulan selama maksimal 9 bulan (total £ 10.800), belum termasuk student (main applicant).

3.  Belajar di sekitar London, sudah berada di UK
Masing-masing anggota keluarga = £ 533. Misalnya untuk 3 orang dependant maka dana yang harus tersedia =3 x £ 533 = £ 1.599 per bulan selama maksimal 2 bulan (total £ 3.198), belum termasuk student (main applicant)


4. Belajar di luar London, sudah berada di UK
Masing-masing anggota keluarga = £ 400. Misalnya untuk 3 orang dependant maka dana yang harus tersedia =3 x £ 400 = £ 1.200 per bulan selama maksimal 2 bulan (total £ 2.400), belum termasuk student (main applicant).

Pada bulan Februari 2012, saat kami mengajukan visa, nilai konversi yang digunakan petugas VFS di Indonesia adalah Rp 15.000 = £ 1. (Catatan: nilai kurs ini berbeda dengan apa yang dinyatakan dalam guidance-nya. Sesuai guidance, kurs akan diambil berdasarkan nilai yang dipublikasikan dalam www.oanda.com.)

Ref: PBS (Dep) Guidance (version 07/2011)

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave your comment, please. Cheers ;)